Siapakah yang anda sebut teman?

Pernahkah anda memikirkan bahwa di saat anda menghadapi kesulitan dan sangat membutuhkan kehadiran seorang teman untuk memberikan semangat, masukan atau nasehat yang bisa membangun ternyata tak seorang pun ada?.

Atau dari banyaknya teman yang anda miliki ternyata hanya ada beberapa saja yang dapat di hitung dengan jari, atau hanya satu yang bersedia. Padahal selama ini anda berpikir bahwa hubungan yang anda jalin adalah persahabatan.

Berikut beberapa tanda yang dapat di jadikan acuan untuk mengetahui apakah mereka yang kita sebut teman adalah sejatinya seorang teman sehingga tidak terjebak dalam jalinan persahabatan dan menghindari kesalah pahaman.

1. Bila mereka peduli terhadap anda.
Peduli (care) memiliki pengertian yang beragam, umumnya seseorang yang peduli/perhatian terhadap anda adalah mereka yang:

  • mendengarkan
  • menghormati perasaan anda
  • meminta maaf ketika salah
  • kuatir tentang anda
  • menghubungi anda baik itu dengan menelpon, mengirim pesan atau email walaupun ketika mereka sedang sibuk

Peduli atau perhatian bukan sesuatu yang harus di sepakati, tidak ada perjanjian tentang “perhatian”, akan tetapi perhatian itu melibatkan suatu perasaaan yang ikhlas menyadari keberadaaan anda dengan nyata kemudian di ikuti dengan tindakan yang baik. Sebagian dari kita tidak mudah untuk mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata, bahkan ada juga yang tidak mudah untuk serta merta memeluk teman di saat dia senang atau sedih. Tetapi bila anda merasa yakin bahwa dia sungguh percaya dan menginginkan yang terbaik bagi kehidupan anda, maka dia benar peduli.

2. Bila mereka mempunyai dan menyempatkan waktu untuk anda
Pernahkah anda menjumpai atau memiliki teman yang hanya mau bertemu , berbicara dengan anda, jika mereka membutuhkan sesuatu ?. Jika Anda ingin membicarakan sesuatu atau bertemu, mereka selalu mengatakan kalau mereka sibuk dan susah untuk mengatur waktu.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pernyataan sibuk. Semua dari kita sejatinya selalu di sibukkan oleh berbagai macam kegiatan rutinitas. Bila mereka benar seorang teman , maka mereka akan berusaha membuat waktu untuk anda walau sesibuk apapun mereka. Mungkin tidak bisa bicara atau membalas pesan dan email sekarang , atau sesuai dengan keinginan anda, tapi mereka akan tetap menelpon kembali, membalas pesan dengan segera walau tidak di hari yang sama. Mereka akan berusaha mencari waktu atau hari yang longgar untuk bertemu.

Leave a comment