Manfaat Minyak Biji Rami

Minyak Sehat Baru yang Ditemukan dalam Biji Rami

Linda Mayasari – detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta – Minyak biji rami didapatkan dari ekstrak biji rami yang merupakan tanaman dengan konsentrasi asam lemak omega yang seimbang. Biji rami merupakan salah satu tanaman kaya minyak yang mengandung 80 persen asam lemak esensial, paling tinggi dibandingkan dengan tanaman apapun.

Bahkan WHO merekomendasikan pemanfaatan biji rami karena kandungan asam lemak omega 6 dan omega 3 yang seimbang. Asam lemak esensial dalam minyak biji rami dapat memulihkan kesehatan dan fungsi kekebalan tubuh.

Konsentrasi asam lemak esensial yang luar biasa dalam minyak biji rami tersebut dinilai dapat memenuhi semua kebutuhan asam lemak esensial seseorang seumur hidupnya. Asam lemak esensial adalah lemak omega yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya diperoleh dari hasil proses pencernaan.

Asam lemak esensial ini dikenal karena perannya dalam mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, kanker, arthritis dan berbagai penyakit lain.

Seorang peneliti terkenal, Dr. Johana Budwig, melaporkan keberhasilannya dalam mengobati masalah pada jantung, arthritis, kanker, dan penyakit umum lainnya dengan dosis besar asam lemak esensial, seperti dilansir dari naturalnews, Senin (4/6/2012).

Asam lemak esensial juga sangat diperlukan untuk fungsi dan perkembangan sistem otak dan saraf dan produksi membran sel sehat. Sehingga minyak biji rami dinilai dapat menggantikan fungsi istimewa minyak ikan.

Suplemen minyak ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial terutama omega 3. Namun, para vegetarian tidak dapat mengonsumsinya. Selain itu juga timbul kekhawatiran bahwa beberapa sumber minyak ikan dapat terkontaminasi merkuri dan racun lainnya.

Minyak biji rami yang mengandung omega 3, 6, dan 9, merupakan alternatif yang akan memberikan manfaat yang sama seperti minyak ikan tanpa perlu waspada terhadap bahaya racun. Minyak biji rami juga mampu menembus sel-sel kulit dan dapat digunakan untuk merawat kulit tanpa khawatir pori-pori Anda akan tersumbat jika mneggunakannya sebagai pelembab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s